Biaya Sertifikasi ISO

Zubair Abdurrahim | 14.25 | 0 komentar

Biaya Sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001



Badan Sertifikasi ISO di Jakarta Akreditasi UKAS - Apabila saat ini kita sedang mencari informasi megenai biaya sertifikasi ISO tentu akan banyak menemukan informasi tersebut. Lalu sebenarnya berapakah biaya tersebut? 
Saat ini masih banyak perusahaan yang belum mengetahui bagaimana menilai kewajaran dari biaya sertifikasi, bahkan ada pula beberapa yang masih belum mengetahui bahwa biaya sertifikasi itu berbeda dengan biaya jasa konsultan ISO.
Ada juga beberapa yang memang tidak perduli yang penting bisa mendapatkan sertifikat ISO, tidak mau tahu bagaimana proses mendapatkan sertifikat. Menyikapi beberapa organisasi yang seperti ini biasanya badan sertifikasi akan bekerjasama dengan konsultan agar bisa membantu mendapatkan sertifikat. 
Berikut beberapa hal yang digunakan untuk menghitung biaya sertifikasi ISO. 

Memisahkan Biaya Sertifikasi dengan Biaya Konsultasi
Saat pelaksanaan konsultasi ISO dan sertifikasi ISO merupakan hal yang berbeda dan dilakukan oleh pihak yang berbeda. Perusahaan dan organisasi yang ingin meraih sertifikasi ISO tidak perlu melibatkan Jasa Konsultan ISO, akan tetapi pada saat audit sertifikasi ISO seorang konsultan ISO dapat mendampingi selama proses berlangsung. 

Apabila memang tidak memerlukan jasa konsultan, perusahaan tentu bisa lebih hemat. Contoh, apabila hanya untuk meraih sertifikasi ISO biasanya tidak akan jauh dari urusan dokumentasi maka dari itu perusahaan dapat menugaskan seorang staff internal yang sudah di training untuk mendokumentasikan sistem manajemen sesuai dengan standar ISO. 

Namun apabila memang mau menggunakan jasa konsultan ISO anda harus sedikit lebih cermat lagi manfaat apa yang bisa di dapat dibanding besarnya biaya. Untuk Jasa konsultan ISO mereka juga mempunyai harga yang berbeda satu sama lain. Sebaiknya anda dan perusahaan menentukan terlebih dulu budget yang ingin dikeluarkan untuk konsultasi ISO.
Jika ingin mendapatkan nilai tambah, tentu perusahaan harus siap dengan biaya konsultasi ISO yang sudah mempunyai reputasi nama baik namun sebaliknya jika hanya membantu pada saat penyusunan dokumentasi tentu biaya yang dikeluarkan pun tidak harus mahal.



Baca Juga : Manfaat Sertifikasi ISO Bagi Organisasi

Menghitung Mandays
Dalam proses sertifikasi ISO, audit merupakan tahap yang menentukan. Penilaian kompetensi organisasi dan pemenuhan persyaratan ada dalam tahap ini. Oleh karenanya, untuk menjaga mutu sebuah audit yang dilakukan lembaga sertifikasi yang telah terakreditasi, International Acreditation Forum (IAF) mengeluarkan sebuah “mandatory document” atas durasi audit sertifikasi dan surveillance. Anda dapat mendownloadnya di www.iaf.nu menu “mandatory document”. Silahkan memilih judul: IAF Mandatory Document or Duration of QMS and EMS Audits (IAF MD 5: 2013). 

Man day—demikian satuan durasi tersebut sering disebut—adalah banyaknya waktu efektif dan auditor yang dibutuhkan untuk melakukan audit. Beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya standar ISO yang disertifikasi, jumlah personil organisasi yang diaudit, kompleksitas proses, bidang/sektor organisasi, maupun jumlah lokasi (site). 

Untuk lebih jelas, organisasi sebaiknya menghubungi lembaga sertifikasi. Silahkan konsultasikan dengan marketingnya. Untuk menyiasati membengkaknya jumlah man days dan biaya sertifikasi, biasanya marketing sudah memiliki opsi-opsi yang ditawarkan seperti pengurangan lingkup sertifikasi, jumlah site yang disertifikasi, justifikasi penghitungan jumlah karyawan, dan sebagainya. 

Memilih Badan Sertifikasi ISO
Masing – masing badan sertifikasi mempunyai harga yang berbeda dan tidak sama, apalagi jika badan sertifikasi yang sudah mempunyai reputasi tinggi, tentu biayanya juga lebih mahal. 

Lembaga sertifikasi yang memiliki reputasi bagus, auditor-auditor berpengalaman, dipercaya perusahaan-perusahaan bonafit, mestinya baik untuk dipilih. Melalui auditor-auditor yang berpengalaman, organisasi bisa berharap tidak hanya mendapatkan laporan berupa temuan-temuan yang bersifat administratif, tapi juga saran-saran yang meningkatkan kinerja organisasi. 

Akan tetapi bukankah sertifikasi tidak selamanya untuk mendapatkan jaminan mutu dan saran dari badan sertifikasi? Mungkin organisasi melakukan sertifikasi ISO hanya untuk memenuhi persyaratan tender dari pelanggan. Jika demikian, maka sebaiknya organisasi kembali memilih badan sertifikasi ISO yang sesuai keinginan pelanggan. Syukur-syukur jika badan sertifikasi yang diinginkan pelanggan lebih murah dari yang lain. 

Demikianlah informasi mengenai Biaya Sertifikasi ISO, apabila anda ingin mendapatkan sertifikasi ISO dengan cepat dan mudah segera hubungi kami di 0858 9157 2656.

Baca Juga : Apa Itu Badan Sertifikasi ISO

Category:

About Us:
Kami salah satu lembaga sertifikasi ISO Terbaik di Jakarta dengan akreditasi UKAS, KAN dan IASCB. informasi lengkap hubungi kami di 0858 9157 2656

0 komentar